arsitektur modern
Apakah modern itu???
Modern berasal dari kata latin modo , yang berarti “ barusan” .
-Adalah hasil pemikiran baru mengenai pandangan hidup yang lebih “manusiawi” yang ditrapkan pada bangunan.
- Adalah totalitas daya, upaya dan karya dalam bidang arsitektur yg dihasilkan dari alam pemikiran modern yang dicirikan sikap mental yang selalu menyisipkan hal-hal baru, progresip, hebat dan kontemporer sebagai pengganti dari tradisi dan segala bentuk pranatanya.
- Adalah arsitektur yang ilmiah sekaligus artistik dan estetik, atau arsitektur yang artistik & estetik yang dapat dipertanggungkan secara ilmiah.
MODERNISASI
1. Pengertian Modernisasi
Istilah Modernisasi diambil dari kata dasar modern yang berasal dari bahasa latin yaituy :
~ Modo artinya akhir-akhir ini.
~ Ernus artinya periode waktu masa kini.
Jadi, Modernisasi adalah Proses yang ditempuh untuk sampai atau menuju periode wa0ktu “ masa kini “ tersebut,
Ataw modernisme dalam pengertian kultural atau suprastruktural mencakup juga periode yang sama di awal 1990-an – fase pertama yang heroik dari eksperimentasi modernis dalam literatur , musik , seni visua; dan arsitektur.
Istilah modernisasi, telah dipakai untuk menyatakan adanya perubahan sosial yang besar. Tapi istilah tersebut tidak sederhana untuk dipahami artinya secara harpiah.
2. Pendapat Para Ahli Tentang Modernisasi
Ada bebarapa pendapat yang dikemukakan oleh para ahli sosiologi yaitu:
a.Astrid S. Susanto
Modernisasi ialah kesempatan pembangunan yang diberkan oleh perubahan demi kemajuan.
b.Koentjaningrat
Modernisasi adalah usaha untuk hidup sesuai dengan zaman dan konstelasi dunia sekarang.
c.Soerjono Soekanto
Modernisasi adalah suatu bentuk perubahan sosial yang biasanya merupakan perubahan sosial yang terarah ( directed change) yang didasarkan pada suatu perencanaan yang disebut social planning.
d.Alex Thio
Modernisasi adalah suatu bentuk perubahan masyarakat pertanian menjadi masyarakat industri.
e.Harold Rosenberg
Modernisasi adalah tradisi baru yang mengacu pada urbanisasi atau sampai sejauh mana dan bagaimana pengikisan sifat-sifat pedesaan suatu masyarakat berlangsung.
f.Wilbert E. Moore
Modernisasi adalah suatu kehidupan bersama yang tradisional dalam arti teknologi serta organisasi sosial kearah pola-pola ekonomis dan politis yang menandainnegar-negara barat yang stabil.
menyimpulkan bahwa Modernisasi adalah suatu proses perubahan sikap warga negara untuk hidup sesuai tuntutan zaman.
3. Dorongan yang Menyebabkan Modernisasi
a. Dorongan untuk meningkatkan efisiensi kerja dan meningkatkan produksi. Cth. Produksi sebuah baju.
b. Dorongan untuk mendapatkan sesuatu yang lebih banyak.
Cth. Penggunaan alat-alat modern.
c. Dorongan untuk hidup praktis.
Cth. Penggunaan jalan tol, fast food.
4. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Modernisasi sbb:
a. Adanya penemuan, perkembangan, serta penguasaan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
b. Perkembangan di bidang politik dan ideologi demokratis
c. Kemajuan di bidang perekonomian dengan penerapan sistem efisiensi dan produktivitas.
d. Perkembangan di bidang pelaksanaan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
e. Memajukan bidang industri dan pertanian.
f. Tercapainya stabilitas nasional agar hidup tentram, aman, dan damai.
(E:\brows\Cute GIrL_ Modernisasi.mht)
mulai modern kapan???
Sejak dahulu kala ,sekitar tahun 1127 , Suger sang kepala biarawan merekontruksibasilika St. Denis di Paris. Gagasan arsutekturalnya menghasilkan sesuatu yang belum pernah tampak sebelumnya , satu “ tampakan baru “ yang secara klasik bukan Yunani, bukan Romawi, bukan Romanesque. Suger tahu bagaimana menyebutnya, hingga dia melirik istilah Latin , opus modernum. Sebuah karya modern.
Modernism???
Modernisme adalah ciri peradaban Barat dengan rasionalitas sebagai penunjuk jalannya.
ALIRAN ALIRAN ARSITEKTUR MODERN
Futurisme
futurisme adalah sebuah gerakan seni murni Italia dan sebuah pergerakan kebudayaan pertama dalam abad ke-20 yang diperkenalkan secara langsung kepada masyarakat luas. Futurisme ini muncul dari situasi yang ditimbulkan akibat Perang Dunia I, dengan tujuan meninggalkan kenangan pahit, nostalgia, pesimistis, kemudian melepaskan materi-materi, elemen-elemen, dan nilai-nilai lama.Bermula dari konsep dalam pergerakan sastra, kemudian merasuk ke dalam bidang kesenian seperti: seni lukis, seni patung, seni musik, desain dan arsitektur.
De Stijl
lebih menitikberatkan pada fungsi dan estetika kelompok , kelompok ini lebih menyukai hasil industri yang terstandartisasi , dengan bentuk-bentuk dan komposisi geometri .Menurut kelompok ini , penentuan ukuran serta bentuk ruang, hubungan antar ruang, dan sistem sirkulasi merupakan faktor penentu dalam merencanakan sebuah bangunan , apabila bangunan tersebut gagal dalam memenuhi tuntutan itu maka bangunan itu tidak dapat dikatakan berfungsi ,oleh sebab itu arsitek pada kelompok ini berusaha membuat bangunan bebas dari pengaruh berbagai macam style baik datang dari luar maupun bentuk-bentuk peninggalan sejarah karena style dianggap menghambat berfungsinya sebuah bangunan secara efisien.
Pada dasarnya aliran de Stijl hanya bergerak dalam dunia lukis. Sebab bagaimanapun konsep de Stijl adalah abstraksi secara ideal komposisi warna dalam bentuk dua dimensi, walaupun kemudian juga menghasilkan kesan ruang. Pemanfaatannya sangat banyak di dalam interior dan arsitekrur. namun seperti yang ditulis oleh Piet Mondrian bahwa de Stijl tetaplah sebuah konsep ideal dalam dua dimensi. Meskipun Theo van Doesburg berusaha keras memperjuangkan pengaplikasiannya dalam dunia arsitektur, de Stijl tetaplah hanya menjadi bahan pertimbangan dalam pengolahan bidang-bidang warna, bukan arsitekturnya sendiri.
Constructivism
Konstruktivisme pertama kali di buat di Russia pada tahun 1913 ketika pemahat berkebangsaan Rusia, Vladimir Tatlin dalam perjalanannya menuju Paris menemukan hasil hasil kerja Picasso dan Braque.
Ketika Tatlin kembali ke Rusia, dia mulai memahat sendiri tanpa bantuan orang lain, tetapi dia menelantarkan referensi apapun untuk bentuk subjek atau tema yang teliti. Hasil karya ini menandai munculnya Konstruktivisme. Nama Konstruktivisme tidak menjelaskan pergerakan yang detil tetapi lebih merupakan sebuah trend dalam bidang lukisan, pahat, dan khususnya gabungan para seniman dan seni-seni mereka dengan produksi mesin, arsitektur, dan seni terapan.
Seni Konstruktivisme lebih mengarah ke optimistic, konstruksi relief yang tidak representational, pahatan, kinetic dan lukisan.
Para senimannya tidak percaya pada ide yang abstrak, mereka lebih suka menghubungkan seni dengan ide yang konkrit dan jelas.
nstruktivisme adalah sebuah penemuan seniman baru Rusia yang diikuti oleh seluruh berbagai benua. Senimannya rata-rata terdiri dari anak muda berkebangsaan Rusia yang mencoba untuk menyatukan keseluruhan ide dari seni modern menurut cara mereka sendiri. Mereka menggambarkan seni yang kebanyakan 3 dimensional. Dan mereka juga sering menggambarkan seni yang dapat dihubungkan kepercayaan Proletar mereka. Teori Konstruktivisme diperoleh dari Suprematisme Rusia, De Stijl Belanda dan Bauhaus Jerman. Jerman merupakan tempat kegiatan Konstruktivisme terbanyak di luar Uni soviet setelah Bauhaus Walter Grophius, sebuah seni progresif dan sekolah desain yang simpatik terhadap pergerakan tersebut, sama seperti pusat2 seni lainnya dan akhirnya Amerika serikat.
Utopianisme
Arsitektur Utopianisme adalah suatu aliran arsitektur (1960-1993) yang bersifat ”fantantis” atau cenderung diciptakan dari ”lamunan” atau ”khayalan”. Hasil karya arsitekturnya dibuat dengan tidak tergantung pada klien, dana, material, atau peraturan bangunan sehingga bentuk yang dihasilkan cenderung futuristik dan terkadang melewati batas logika manusia dalam hal konstruksi, setidaknya dalam sekian waktu ke depan.
Art Nouveau
Langgam Art Nouveau lahir di Belgia, berkembang ke Australia dan Belanda , kemudian berkembang subur di Jerman . Nama internasional stylenya adalah Jugenstyle . Gerakan ini merupakan gerakan seni terapan yang memproduksi barang-barang seperti ikat pinggang, sendok, garpu, meja, kusri, lampu ,pegangan tangga, pintu dan akhirnya seluruh bangunan .Wujud desainnya tampak sebagai pemberi hidup ( tampak menggeliat, meliuk,mengalun, berguling dan berdengus ) , tampak juga seperti sejenis flora aneh atau organisme hidup yang tidak mempunyai makna apapun, hanya dinamisme abstraknya saja . Tokoh yang terkenal adalah Antonio Gaudi dari Spanyol dengan karyanya La Grada Familia ( kuil untuk orang miskin ) yang seperti rimba . Namun langgam ini dapat memadukan hiasan dan struktur dengan baik sehingga bentuk bangunan mengikuti naluri tetapi tetap punya fungsi structural ( gaya Romantism ) . Reaksi dari langgam ini adalah munculnya gaya ragam hias seperti Art Deco dan Kubisme
Structural Rationalism
Langgam Structural Rationalism ini mengutamakan suatu sistem struktur pada bangunan sebagai akibat langsung pada bentuk bangunannya sendiri . Salah seorang pelopornya adalah Violet Le Duc dari Perancis yang banyak bekerja sebagai restores pada bangunan Gothic di Eropa menyebabkan Le Duc yakin bahwa bentuk bangunan yang baik adalah sebagai akibat dari suatu sistem struktur yang benar. Pada langgam ini setiap elemen pada bangunan harus diperlihatkan dengan jelas mana yang structural dan mana yang non sruktural .Setiap detail sambungan harus dikerjakan secara benar dan teliti sehingga patut diperlihatkan apa adanya ( estetika detail ). Tokoh lainnya yang terkenal adalah Adof Loos yang sangat menentang tradisi dalam bangunan terutama dalam pandangan menghias bangunan dengan ornamen
Romantism
yang berciri ketidakpuasan terhadap hasil desain industri . Bangunan karya merekan berdasarkan pengolahan massa yang kompak dan plastis , bahan dasar dari alam, ornamentasi berdasarkan garis-garis lengkung. Mereka menganggap interior desain sebagai unsur yang tidak terpisahkan dalam bangunan bahkan hubungan antara interior dan eksterior sangat erat sekali sebagai pencerminan suatu bangunan . Karyanya sering disebut sebagai “ Idividual Art “. Tokoh-tokohnya antara lain Michael De Klerk , Job & Trey .
Eklektisisme
aliran yg berpedoman mengambil yg paling baik diantara yang sudah ada, untuk digunakan sebagai bagian dari sesuatu yang baru.
PERIODE III fase I (1949 – 1958)
Ada 5 aliran yg berkembang pada masa ini (1950an):
- Aliran “penyederhanaan bentuk” (minimalism), di dalam kesederhanaan berusaha mencapai efek yg kaya. Bentuknya lurus-lurus hampir sama untuk berbagai jenis bangunan. ( tokohnya : Mies-van de Rohe).
- Aliran “bentuk sesuai dengan fungsi dan bahan”, bila ada bagian yg perlu ditonjolkan akan dibuat menonjol, sehingga ada variasi pada bentuk masanya. Aliran ini bentuknya lebih plastis dibandingkan aliran di atas. (tokohnya: Alvar Aalto)
- Aliran “pernyataan bentuk melalui struktur” (experimental structure), bentuk terlahir dari permainan gaya-gaya struktural, sehingga tercipta bangunan yg istimewa bentuknya dan berskala besar. (tokohnya: Eero Saarinen)
- Aliran “organik” (organic architecture), berusaha menghubungkan alam dan lingkungan ke dalam pemecahan masalah arsitektural (tokohnya: Frank Lloyd Wright)
- Aliran “perubahan sikap terhadap zaman yang lampau”, menggunakan kembali langgam- langgam dari masa lalu yang sudah dipermodern dan disederhanakan.
(tokohnya : Minoru Yamasaki)
PERIODE III fase II (1958 – 1966)
Aliran “Brutalisme”,
berasal dari beton brut (beton telanjang), yg dipakai oleh Le Corbusier pada bangunan Unite d’Habitation di Marseilles. Bangunan yg dibuat dengan gaya seperti ini, yaitu menggunakan bahan bangunan yg kasar, seperti beton expose, batu bata kasar dan bahan lain yg sejenis termasuk di dalam aliran ini. Brutalisme mengalami dua fase, yaitu:
- Brutalisme dalam artian sempit dalam lingkungan Smitthsons (Inggris), lebih mementingkan etika dari pada estetika.
- Internasional Brutalisme, disini lebih bertujuan pada estetika.
Aliran “Formalisme”,
perancangan bangunan berdasarkan segi estetika, lebih menonjolkan bentuk bangunan. Penampilan dipengaruhi oleh faktor emosi dan perasaan dari arsitek, fungsi dinomer duakan, bentuk luar tidak sesuai dengan fungsinya.
(sumber : E:\brows\J E L L E Q D E S I G N_ ARSITEKTUR MODERN.mht )
fungsionalisme
atau sering di kenal dengan rasionalisme. Di dasarkan pada rasio atau pemikiran yang logis. Dimana keindahan muncul semata mata oleh adanya fungsi dari elemen elemen bangunan
cubisme
menonjolkan aspek ruang atau 3 dimensi dan waktu
KESIMPULAN
Setelah berjalan beberapa lama, maka arsitektur modern dapat disimpulkan mempunyai ciri sbb:
- Terlihat mempunyai keseragaman dalam penggunaan skala manusia.
- Bangunan bersifat fungsional, artinya sebuah bangunan dapat mencapai tujuan semaksimal mungkin, bila sesuai dengan fungsinya.
- Bentuk bangunan sederhana dan bersih yg berasal dari seni kubisme dan abstrak yg terdiri dari bentuk-bentuk aneh, tetapi intinya adalah bentuk segi empat.
- Konstruksi diperlihatkan.
- Pemakaian bahan pabrik yg diperlihatkan secara jujur, tidak diberi ornamen atau ditempel- tempel.
- Interior dan eksterior bangunan terdiri dari garis-garis vertikal dan horisontal.
- Konsep open plan, yaitu membagi dalam elemen-elemen struktur primer dan sekunder, dg tujuan untuk mendapatkan fleksibelitas dan variasi di dalam bangunan.
Karakter arsitektur modern, menurut Bruno Taut:
- Bangunan mencapai kegunaan semaksimal mungkin, menjadi syarat utama dari bangunan.
- Material dan sistem bangunan yg digunakan ditempatkan sesudah syarat di atas.
- Keindahan tercapai dari hubungan langsung antara bangunan dan kegunaannya, ketepatan penggunaan material dan keindahan sistem konstruksi.
- Esteika dari arsitektur baru tidak mengenal perbedaan antara depan dg belakang, facde dengan rencana lantai, jalan dg halaman dalam; tidak ada detail yg berdiri sendiri, tetapi merupakan bagian yg diperlukan bagi keseluruhan.
- Pengulangan tidak lagi dianggap sebagai sesuatu yang harus dihindarkan, tetapi merupakan alat yg penting dalam ekspresi artistik.
ezahafiza2810@gmail.com
1 komentar:
bắt chước
dữ
Ao nước
bậc nhất
Bội nghĩa
đình công
trao đổi
tuổi teen
bao bọc
bắt buộc
thời trang
bật mí
hiện nay
bề ngoài
bên cạnh
ngoại trừ
cách
chẳng chú ý
bố trí
do vậy
bớt xén
kềnh càng
bước ngoặt
buôn bán
các bạn
những
cái
căn bản
xuất xứ
thiết yếu
cẩn thận
gắp
khó khăn
cáu
chắc chắn
loại vải
sản xuất
giá thành
yếu tố
hàng hiệu
tậu
không thấm nước
chú ý
lưu ý
vận động
phục vụ
thành lập
sở hữu
khoa học
siêu thị
cộng
shop
siêu
mỉm cười
cứu giúp
rộng rãi
rất nhiều
đa số
đặc trưng
dở hơi
say mê
dáng vẻ
đập phá
bệnh tật
trước tiên
toàn bộ
để dành
mang lại
tới
sang trọng
ra đi
điểm cộng
khảo sát
vật dụng
đơn thuần
dừng
sử dụng
dùng
êm êm
fake
ràng buộc
vừa qua
gan góc
quen thuộc
gần gũi
sắp
gặp
cấp tốc
nếu
giải nghĩa
tránh
tránh
kết hợp
hết lòng
tiên tiến
lý tưởng
khá
thua sút
xoàng
rốt cục
thành quả
bắt đầu
luận điểm
khái quát
khi không
khi
khiến
không
ưu đãi
khiếu nại
lang thang
làng mạc
lãnh đạo
lạnh lẽo
chệch choạng
xì xào
lợi ích
lôi kéo
to
quỷ quyệt
mô tả
mua
tóm
năng lực
nặng trĩu
nấu
trượt
sửng sốt
nhãn hàng
thời gian nhanh
bát nháo
nhộn nhịp
nổi bật
nức tiếng
oai nghiêm
ổn thỏa
pha chế
phải chăng
bằng phẳng
phát triển thành
quy tắc
phù hợp
quảng bá
qua chuyện
sử dụng rộng rãi
rách rưới
um tùm
rẻ mạt
rõ
rộng
sạch
thông minh
sáng sủa
quý phái
thâm thúy
kiêng dè
tái mét
tai họa
tài xế
tật nguyền
tang vật
máy bay
thoải mái
bác sĩ
thừa thãi
tiếp tục
Tuy thế
u ám
ướt đẫm
va chạm
van nài
vắng
lặt vặt
xa xôi
xa hoa
xâm lấn
xanh rớt
xấu xí
van xin
hoàn thành
xu hướng
dự định
ỷ lại
y phục
y sao
yên ổn
mến
yếu ớt
Posting Komentar